Tips Membeli Rumah dari Developer

beli rumah

Seperti penjelasan di awal bahwa setiap pilihan memiliki keunggulan dan kelemahan, begitu juga jika anda memilih untuk membeli rumah baru dari developer. Secara garis besar, berikut keunggulan jika anda membeli rumah baru dari Developer:

membeli rumah

 

  1. Fasilitas

Bila Anda memilih perumahan dari perumahan besar, apalagi oleh pengembang besar biasanya telah menyiapkan beragam fasilitas dan area komersil. Hal ini tentu akan mempermudah kebutuhan rumah tangga Anda. Fasilitas standar perumahan di antaranya akses mobil dengan lebar jalan yang cukup untuk mobil masuk dan papasan. Selain itu juga pada umumnya sudah dilengkapi dengan keamanan dan kebersihan. Fasilitas ekstra lainnya yang bisa anda dapatkan di antaranya adalah kawasan komersil, fasilitas olah raga, kolam renang, tempat ibadah dll.

  1. Kemudahan Cara Pembayaran

Anda tidak terlalu pusing memikirkan anggaran seperti layaknya saat anda membeli tanah yang harus menyiapkan dana tunai lunas di depan atau rumah secondary yang kadang penjualnya pun tidak bersedia jika calon pembeli meminta waktu mengurus KPR terlebih dahulu. Pada umumnya developer memiliki banyak skema pembayaran yang dapat diatur sesuai dengan kondisi finansial anda. Di antaranya adalah

Cash Keras

Bagi anda yang siap dana besar, anda bisa saja mengambil skema cash keras. Pada umumnya anda bisa mendapatkan diskon yang lumayan.

Cash Bertahap

Bagi anda yang memiliki penghasilan bulanan yang cukup besar atau sudah memiliki DP yang besar dan tidak ingin repot berurusan dengan perbankan, anda bisa menggunakan cash bertahap. Developer biasanya memiliki fitur cash bertahap mulai dari 6 bulan sampai 3 tahun bahkan ada juga yang bisa menyediakan periode cash bertahap sampai dengan 5 tahun.

KPR (kredit kepemilikan rumah)

Jika anda memang memiliki dana yang terbatas, anda bisa mengambil fitur KPR yang bisa dicicil sampai dengan 15 tahun untuk bank syariah dan 20 tahun bahkan sampai dengan 25 tahun untuk bank konvensional.

Cicilan ke Developer

Belakangan muncul trend baru khususnya developer yang mengusung nilai syariah. Developer memberikan kemudahan anda untuk mencicil langsung ke developer tanpa melibatkan perbankan dengan periode selayaknya KPR sampai dengan 15 tahun. Namun tentu saja harga yang ditawarkan akan berbeda jika anda membeli dengan cara cash . Karena walaupun dicicil langsung ke Developer, harga nilai rumah anda akan diperhitungkan sedemikian rupa sehingga cicilan anda ke developer tidak tergerus nilai inflasi yang artinya nilai rumah akan dijual lebih mahal dibanding anda membeli cash

  1. Informasi Yang Spesifik dan Jelas

.Saat anda membeli rumah baru dari developer, anda bisa mengetahui detail spesifikasinya dan juga bisa mengetahui riwayat pembangunan rumah sedari awal sehingga anda dapat memastikan jenis material apa yang digunakan untuk membangun rumah baru itu. Lain halnya dengan membeli rumah secondyang mungkin anda hanya bisa memeriksa yang kasat mata saja.

  1. Banyak Pilihan

Perumahan besar pada umumnya memiliki berbagai jenis pilihan mulai dari jenis desain, luas bangunan dan luasan tanah. Selain itu anda juga memiliki keleluasan dalam menentukan posisi rumah yang anda inginkan. Apakah anda lebih suka di hook, di dekat taman, ingin menghadap timur dan lain sebagainya.

  1. 5. Tidak Perlu Repot Mengurus Legalitas

Saat anda membeli rumah baru di developer, umumnya semua masalah legalitas akan diurus oleh developer. Mulai dari pemecahan SHGB atau SHM, penerbitan IMB, pemecahan PBB, dan legalitas lainnya. Begitu juga saat anda mengurus KPR, pihak developer pun akan membantu anda mengurus semuanya sehingga anda cukup duduk manis sampai dengan serah terima unit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *