Mengenal Seni Menjahit Patchwork

Mengenal Seni Menjahit Patchwork

Mengenal Seni Menjahit Patchwork Untuk Pemula

 Seni bisa melibatkan berbagai macam hal dalam kehidupan kita, termasuk dalam seni menjahit. Kain-kain sisa atau perca bisa disulap menjadi sesuatu yang bernilai lebih ketika diberi sentuhan seni. Ya, itulah seni menjahit patchwork dan banyak toko mesin jahit yang sering mengadakan workshop kecil yang bisa anda ikuti.Kain-kain sisa tak lagi berakhir di tempat sampah. Seni menjahit apakah ini? Bagaimana seni menjahit ini bisa muncul? Apa yang diperlukan penjahit dalam seni menjahit ini?

Mengenal Seni Menjahit Patchwork

Apa Itu Patchwork?

 Secara singkat, patchwork adalah sebuah kerajinan menggabungkan potongan-potongan kain perca. Akan tetapi, proses penggabungan kain perca ini tidak boleh dilakukan sembarangan karena harus tetap mengedepankan nilai seninya. Maka dari itu, pemilihan warna dan motif kain perca tersebut harus dipertimbangkan agar hasil seninya dapat menjadi sebuah bentuk baru yang menarik.

Dalam patchwork, potongan-potongan kain perca yang biasanya dipakai adalah yang berbentuk geometeris. Seni menjahit patchwork sendiri sebenarnya sudah ada lama sekali, tepatnya sejak kedatangan orang-orang Eropa ke negara-negara Amerika. Kala itu, seni menjahit ini tercipta tanpa sebuah kesengajaan. Pada saat itu, para pendatang mengalami kesulitan memperoleh selimut. Mereka pun kemudian berinisiatif untuk membuat selimut mereka sendiri dengan cara mengggabungkan dan menjadi kain-kain perca atau kain-kain sisa.

Membuat patchwork sebenarnya tidak sulit. Akan tetapi, penjahit dituntut untuk memiliki jiwa seni yang tinggi agar tercipta sebuah perpaduan warna dan motif yang hamornis. Dengan begitu, tidak akan terjadi ‘tabrakan’antara satu kain perca dengan kain perca yang lain. Justru, potongan-potongan kain tersebut akan menjadi menarik.

 Fitur Penting Pada Mesin Jahit untuk Mengerjakan Patchwork

 Proses penjahitan potongan-potongan kain dalam patchwork bisa dilakukan dengan du acara: jahit tangan dan dengan mesin. Meski secara teknis proses menjahit dengan mesin jelas akan menjadi lebih cepat.

Proses penggabungan kain-kain perca bisa dilakukan dengan mesin jahit yang paling sederhana. Walaupun demikian, hasil menjahit patchwork akan tetap menjadi lebih bagus apabila mesin jahit yang digunakan adalah mesin jahit khusus patchwork. Mesin jahit khusus ini dapat bekerja sesuai dengan kecepatan dan tekanan yang dibutuhkan penjahit sehingga lebar jahitan pun bisa sama dan hasil jahitan bisa menjadi lebih rapi.

Apabila penjahit ingin menjahit kain-kain perca menggunakan mesin jahit khusus patchwork, berikut ini fitur-fitur penting yang harus ada dari mesin jahit tersebut:

  • Fitur menjahit mundur dan menjahit lurus ke depan
  • Fitur extended table
  • Fitur Speed regularor untuk pengaturan kecepatan mesin
  • Fitur ¼ inch Seam Presser Foot, Darning Foot, dan Walking Foot

Seni menjahit patchwork memang special. Kemampuan yang harus dimiliki penjahit dan mesin jahit pun juga special apabila anda berminat bisa lihat jenis mesin nya di website http://www.suppliermesinjahit.com/ . Akan tetapi, hasil dari jahitan patchwork juga sangat spesial karena mencerminkan jiwa seni penjahit tersebut. Dari kain perca tak berguna menjadi hasil karya yang mempesona!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *